LAUNCHING KLOTER PERDANA PROGRAM BALIKPAPAN BOTANICAL GARDEN SCHOOL 

Friday - 09 September 2022 - Dibaca: 199 kali

LAUNCHING KLOTER PERDANA PROGRAM BALIKPAPAN BOTANICAL GARDEN SCHOOL 

Jumat 9 September 2022 adalah momen istimewa dimulainya kegiatan Program Balikpapan Botanical Garden School yang merupakan kerjasama antara Kebun Raya Balikpapan dengan SMA Negeri 9 Kota Balikpapan.

Program ini merupakan program kunjungan siswa SMA 9 untuk melakukan pembelajaran rutin dimana menggunakan muatan lokal yang bernama Botanical Garden (botgar). Program pembelajaran luar kelas ini biasa disebut discovery learning dan akan berlangsung setiap hari Jumat di Kebun Raya dan berlangsung untuk sesi pertama sampai Bulan Januari 2023.

Acara ini dihadiri Kepala Sekolah SMA Negeri 9 Drs. Heru Marsono., MM. Sekaligus melepas kloter perdana kegiatan Program Balikpapan Botanical Garden School beliau mengharapkan kegiatan ini dapat berjalan sesuai dengan harapan. Untuk mendidik siswa SMA 9 menjadi karakter yang ramah lingkungan dan memiliki wawasan tanaman.

Lukman Riyadi selaku Kepala UPTD Kebun Raya Balikpapan sangat menerima baik dan mendukung program ini dijalankan kembali dengan format baru dimana siswa akan dikolaborasikan kegiatan pembelajaran dengan kegiatan konservasi Kebun Raya contoh nya inspeksi tanaman, identifikasi tanaman,perbanyakan tanaman dan lain sebagainya.

Seluruh kegiatan ini didampingi oleh Tim Kebun Raya Balikpapan dan berkolaborasi dengan Mahasiswa Praktek Kerja Lapangan dari Universitas Mulawarman yaitu dengan mengukur jenis tanaman koleksi, diameter batang, tinggi. Pengukuran dilakukan menggunakan alat (piban), sementara juga menggunakan pengukur jarak. Adapun tujuan dari kegiatan tersebut yaitu untuk mengetahui pertumbuhan tanaman, perbungaan dan pembuahan. Keberadaan buah daun dan pengecekan label registrasi plang tanaman koleksi di Vak Kehormatan Kebun Raya Balikpapan.

Salam Konservasi

Jumat, 09/09/2022